Chiffon Ketan Hitam

Tinggalkan komentar

Chiffon Ketan Hitam

sumber : file milis dapurbunda

BAHAN A:
75 gram ketan direbus sampai matang
100 gram tepung terigu
7 kuning telur
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
75 ml minyak goreng

BAHAN B:
7 putih telur
1/4 sendok teh cream of tar-tar
100 gram gula pasir

CARA MEMBUAT:
Haluskan separuh ketan hitam, sisihkan.
Aduk ketan hitam halus, tepung terigu, kuning telur, santan minyak goreng,
dan ketan hitam utuh
Kocok putih telur, cream of tartar sampai setengah kaku, lalu masukkan gula
pasir. Kocok lagi sampai kaku dan lembut.
Masukkan putih telur ke dalam campuran tepung. Aduk rata. Tuang adonan ke
dalam loyang chiffon 22 cm. Oven selama 30 menit dan suhu 160 derajat
celsius.
Balikkan loyang panas di atas botol lalu diamkan sampai dingin. Keluarkan
kue perlahan-lahan lalu potong-potong.

untuk 15 potong

Iklan

Chiffon Ketan Hitam

Tinggalkan komentar

Chiffon Ketan Hitam

sumber : file milis dapurbunda

Resep by (alm) Ruri

Nih die, yang kemaren dibikin secara penasaran ama si tepung ketan item yang kecentilan…. hayuk yang pada masih penasaran, boleh dicoba pas wik en neh (rr)

Bahan 1 :

200 ml putih telur ~ sekitar 5 butir deh yaa
150 gr gula pasir ~ buat aku kemanisan, bisa kurangin ampe 100gr deh
1/2 sdt garam

Bahan 2 :

5 butir kuning telur
100 ml santan kental ~ aku pake kara…. hehehe.. pemalasssss
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item ~ diayak yaaaaa….. jangan ampe lupa !

Caranya Membuat :
1.. Masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
2.. Tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
3.. Aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin si tepungnya larut semua ya, jangan sampe ada yang mringkil mringkil
4.. Campur putih telur, gula pasir dan garam
5.. Kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental
6.. Campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya
7.. Tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
8.. Panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit
9.. Setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya
Catatan :
a.. Yang triky di chiffon adalah manggangnya, cek dengan cara pegang permukaan cake, kalo permukaan cake masih berasa bunyi kreess…. kayak yang ada busanya tuh, nah itu belon cukup mateng, panggang lagi sampai kalo permukaannya diteken dia akan naek lagi
b.. Eh iya, waktu ngecek gini, cakenya jangan diangkat dari rak oven ya, jadi masih diatas raknya ajah
c.. Terus, begitu keluar dari oven, langsung ditunggingin ya, jangan ditunggu dulu, dijamin bakal mimpes dengan suksesnya
d.. Waktu ngeluarin cake, selipin pisau panjang yang tipis yang tajem di antara cake n loyang, jalanin muterin loyangnya, jangan naek turun ya, ntar pinggiran si chiffon jadi rompal rompal
e.. Kalo cakenya masih lengket ke dasarnya, pake cara yang sama

posted by Yeni