Mie Goreng Sosis Ayam

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda
sumber: http://dapurbunda.blogspot.com/2005/10/mie-goreng-sosis-ayam.html

Bahan:
Mie kering, rendam sampai lunak, tiriskan.
Kecap manis
2-3 butir telur, kocok lepas beri garam sedikit.
Sawi, iris2.
Sosis ayam, iris2 (bisa pakai sosis apa aja, atau bakso juga enak)

Bumbu:
2 siung Bawang putih, iris tipis
4 siung Bawang merah, iris tipis
1 batang daun bawang, iris halus
1 bh Tomat, belah 8
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula pasir
saus tiram
Bawang goreng utk taburan.

Cara membuat:
- Goreng telur yang sudah diberi garam, aduk2 sampai hancur, tunggu matang. Sisihkan.
- Mie yang sudah direndam, ditiriskan, lalu aduk dengan kecap sampai rata. Sisihkan.
- Tumis bawang merah dan putih sampai wangi.
- Masukkan irisan sosis, daun bawang, saus tiram dan tomat, aduk rata.
- Masukkan sawi, aduk rata sampai sawi layu.
- Masukkan gorengan telur, aduk rata.
- Masukkan mie, aduk terus, lalu asukkan garam, merica dan gula pasir, aduk rata.
- Setelah matang, tuang di piring saji, taburi dengan bawang goreng.
- Sajikan hangat.

posted by Inong

Cara Membuat Mie

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:

100 gram terigu
1 telur
ΒΌ sdt garam
2 sdt olive oil

Cara membuat:
1. Aduk semua bahan dengan tangan, (boleh ditekan)
2. Pada alas yang ditaburi sedikit tepung terigu, giling adonan
dengan gilingan kue
3. Lipat dan giling sampai adonan menyatu.
4. Lipat adonan dan potong menjadi 3 bagian
5. Ambil satu bagian, dan giling dengan gilingan nomor satu, lipat,
dan giling lagi, lakukan berulang, minimal 3 kali.. Bagi lagi
menjadi 3.
6. Ambil satu bagian, lalu digiling dengan gilingan mie.


sumber: duniaibu.org

Bihung Goreng, Mie Goreng Nasi Goreng Jawa

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Bumbu Dasar :

Bumbu Cabe
Aslii… ingredientsnya tak lain dan tak bukan adalah puree cabe merah thok!
250 gr cabe merah, hilangkan bijinya kalo ga suka pedes (kalo doyan pedes bisa ditambah cabe rawit sesue slera)
50 ml air matang
2 sdt garam
75 ml minyak sayur
Cara:
Blender cabe dan air sampe halus. Tuang ke wajan dan panasin sambil sesekali diaduk sampe air mulei berkurang.
Tambahkan garam & minyak sayur, aduk2 sampe warnanya merah matang dan kental (jangan terlalu pekat yah!)
Masukin container, dinginkan dan simpan di friser.

Bumbu Bawang
Bahan:
150 gr bawang merah
100 gr bawang putih
2 sdm ebi, seduh air panas sampe lunak, tumbuk (versi lain, pake 100gr udang kupas. Gue prefer ebi karna ngga amis)
1 sdt trasi
2 sdt mrica butiran (gue biasa ga pake mrica disini, tapi gue pake mrica bubuk pas masak migor/bigornya)
10 butir kemiri, sangrai
150 ml air kaldu
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
75 ml minyak sayur
Cara:
Blender 7 bahan pertama sampe halus. Tuang ke wajan dan panasin sambil sesekali diaduk sampe air mulei berkurang.
Tambahkan garam, gula & minyak sayur, aduk2 sampe matang dan kental (jangan terlalu pekat)
Masukin container, dinginkan dan simpan di friser.

BIHUN GORENG JAWA
Keluarga gue demen bihun jawa yang banyak sayurnya. Kalo malem palagi pas udara dingin, makan bihun goreng jawa yang masi ngepul dan pedas emang top banget dah!! Palagi ditemani sate ayam & martabak telur. Walaahhhh… dijamin bobo pules kekenyangan! :D:D
Bahan:
250 gr bihun kering, rendam air dingin 5 menit, tirisin
100 gr tauge
1 ikat sawi, bersihkan & potong2
100 gr kubis, buang tulang daunnya, iris2
200 ml air kaldu
2 batang daun pre, iris kasar
2 sdm bumbu cabe
3 sdm bumbu bawang
Minyak sayur secukupnya untuk numis
Isian (sesue slera):
Udang kupas, ayam cincang/suwir, baso dibelah2, daging cincang, scrambled egg, watever dah
Seasonings:
1 sdt kaldu bubuk
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap raja rasa (bole ganti soy sauce/kikkoman/royco cair)
Kecap asin /secukupnya (inget, bumbu bawangnya dah cukup asin)
1/3 sdt merica bubuk (optional, kalo bumbu bawangnya dah pake mrica disini gausah pake mrica bubuk lagi ye)
Garam seperlunya
Taburan:
Bawang goreng
Irisan daun bawang
Irisan telur rebus
Pelengkap:
Acar mentimun+bawang+cabe
Saus sambel buat yang ga rela kurang pedes πŸ˜›
Krupuk udang
Kopi dan koran serta temen ngrumpi, hehehehe….
Cara:
Panasin minyak, tumis dulu isian yang masi mentah kayak udang, ayam/daging cincang sampe berubah warna. >>> ini kalo pake, kalo ga pake ya lewatin ajah.
Masukin bumbu cabe & bumbu bawang. Tumis sampe matang berbutir. Tuangi kaldu & daun pre, didihkan.
Masukin sawi dan baso (optional), bumbui dengan seasonings. Setelah sawi molei layu masukin bihun, scrambled egg, tauge & kubis. Aduk rata, kecilkan api & tutup rapat 2 menit biar mateng.
Buka tutupnya, aduk rata lagi sampe airnya abis. Angkat & sajikan dengan taburan & pelengkap.
**Tips:
– Kalo lebih suka toge & kubis yang masi crunchy, masukin belakangan saat air mulai habis.
– Pilih bihun yang berkualitas bagus (bihun import ato bihun lokal: AAA, Cap Kuntul, Rose Brand) biar ga gampang hancur selama diaduk2.

MI GORENG JAWA
– Komposisi & caranya sama persis kek bikin bigor diatas, cuma bihunnya diganti Mi Basah dengan takaran yang sama.
– Seduh mi basah dengan air mendidih 2-3 detik & tirisin untuk ngilangin sisa2 tepung/minyak/aroma alkali yang kadang2 suka nempel pada mi basah.
– Kurangi sedikit takaran air kaldu karna tekstur mi basah lebih lunak dari bihun.
– Kalo pengen mi kuah, tambahin takaran air kaldu dan bumbu cabe+bawang sesue slera

NASI GORENG JAWA
Kalo mo lebih sedep, bisa disajikan dengan taburan teri jengki goreng. Nyaammm…
Bahan:
4 piring nasi dingin, porsi sedang
1 genggam mi basah (lebih dikit juga gpp), potong kasar
75 gr tauge
1 ikat sawi, bersihkan & iris kasar
50 gr kubis, buang tulang daunnya, iris2
2 batang daun pre, iris kasar
4 sdm bumbu cabe
4 sdm bumbu bawang
Minyak sayur secukupnya untuk numis
Isian (sesue slera):
Udang kupas, ayam cincang/suwir, baso dibelah2, daging cincang, scrambled egg, watever dah
Seasonings:
1 sdt kaldu bubuk
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap raja rasa (bole ganti soy sauce/kikkoman/royco pelezat serbaguna cair)
2 sdt kecap asin /secukupnya (inget, bumbu bawangnya dah cukup asin)
1 sdt merica bubuk (optional, kalo bumbu bawangnya dah pake mrica disini gausah pake mrica bubuk lagi ye)
Taburan:
Bawang goreng
Irisan daun bawang
Irisan telur rebus
Pelengkap:
Acar mentimun+bawang+cabe
Saus sambel buat yang ga rela kalo kurang pedes πŸ˜›
Krupuk udang
Cara:
Panasin minyak, tumis dulu isian yang masi mentah kayak udang, ayam/daging cincang sampe berubah warna. >>> ini kalo pake, kalo ga pake ya lewatin ajah.
Masukin baso (optional), bumbu halus & daun pre, tumis sampe matang.
Masukin seasonings, sayuran, mi dan nasi, aduk rata sampe panas banget dan semua bahan matang.
Angkat & sajikan dengan taburan & pelengkap.
**Tips:
– Pake nasi yang udah dingin. Kalo pake nasi yang panas hasilnya lengket & kurang membaur.
– Karna bumbu bawangnya udah cukup asin, sesuaikan takaran seasonings sesue slera.
– Kalo suka lebih merah ato lebih pedas, tambahin bumbu merah sesue slera

latest news:

Overall, karna bumbu2 udah ditumis dengan minyak cukup banyak, untuk meraciknya di wajan sertakan minyak yang merendam bumbu, ngga perlu lagi minyak tambahan untuk meracik.


posted by Lia