Sambel Goreng Kentang Udang

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
200 gr udang, bersihkan kepala & ekornya
250 gr kentang, kupas & potong dadu, goreng setengah kering
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprak
100 santan kental >>> tadi aku pake air mateng ajah, soale lagi sering masak santen
3 sdm minyak

Blender halus:
3 buah cabe merah (plus cabe rawit secukupnya kalo doyan pedes)
3 siung bawang putih, tumis setengah matang
1 buah tomat matang ukuran kecil ajah, tumis setengah matang
1 cm lengkuas muda, cincang
1/3 sdt terasi goreng

Seasonings:
½ sdt garam ato secukupnya
1 sdm gula merah ato secukupnya
2 sdt air jeruk nipis
 
Pelengkap:
Nasi anget, krupuk, kuluban (sayuran rebus)

Cara :
Panasin minyak, tumis udang sampe setengah matang.
Masukin bumbu halus, daun salam dan lengkuas. Tumis hingga wangi dan agak kering.
Tuangi santan, tambahkan seasonings. Didihkan hingga kental, masukin kentang goreng.
Kecilkan api, aduk rata dan teruskan memasak sampe kuah menyusut setengah kering.
Angkat, sajikan dengan pelengkap.
posted by Lia
Iklan

Sambal Goreng Bola-bola Daging

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Bahan :
250 gr daging sapi cincang, bentuk bulat kecil
garam & gula, secukupnya
3 buah kentang, potong dadu , goreng sebentar
20 btr telur piyuh rebus, kupas
3 lbr daun jeruk
1 ruas lengkuas, memarkan
600 cc santan dari 1 butir kelapa
 
Bumbui yang dihaluskan :
10 buah bw merah
6 siung bw putih
5 butir kemiri
8 buah cabe merah, klu tidak mau pedas buang bijinya
 
Cara membuat :
1.  Tumis bumbu halus sampai harum bersama daun jeruk dan lengkuas.  Masukkan bola-bola daging, aduk hingga daging berubah warna.
2.  Tambahkan separuh santan, masukkan kentang dan telur puyuh.  Setelah santan berkurang separuh, tambahkan sisa santan.  Tambahkan garam dans edikit gula.
3.  Masak sampai santan agak berminyak.
 
ps : Klu aku sih daging cncangnya itu suka aku kasih garam, merica dikit dan aku kasih 1 butir telur kocok lepas, baru dibunder-bunder, dan aku goreng sebentar sampai berubah warna, baru diolah.

Sambel Goreng Pete

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

By: Lia, Dapurgue

Bahan:
250 gr pete kupas, utuh ato belah2 terserah deh
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh, geprak
1 sdm gula merah ato sesuei selera (pas bikin pake gula pasir)
1 sdt garam /secukupnya
1-2 sdt air jeruk nipis
50 ml air
Minyak sayur secukupnya
Tumbuk kasar:
100 gr cabe merah, plus cabe rawit kalo pengen pedeuz
4 siung bawang putih, tumis setengah matang
1 sdt terasi goreng

Cara:
Panasin minyak sayur, tumis pete sampe layu, sisihkan.
Tumis bumbu halus (pake wajan & minyak sisa menumis pete ajah), daun jeruk &
sereh sampe wangi & pekat.
Tuangi air, bumbui gula, garam dan air jeruk. Masak sampe menyusut.
Masukin pete, aduk2 rata selama 1-2 menit, angkat.
Sajikan dengan nasi hangat (nasi kuning juga enak).

Sambal Goreng Krecek

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Bahan :
100 Gr Krupuk Kulit
10 bh cabe rawit
250 ml Santan Kental
3 SDM Cabe Giling
4 Lbr Daun Jeruk
Sereh, Jahe, Lengkoas
3 Bawang putih Iris halus
5 Bawang merah Iris halus
1 SDM Gula, Garam, Air

Cara :
Tumis bawang, masukkan cabe giling lalu semua bumbu, masukan santan, masukan
kerupuk kulit, terakhir cabe rawit. Masak sampai matang.


sumber : dapurbunda.blogspot.com

Sambal Goreng Labu Siam

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Heritage recipe from my mom. Biasa disajiin pake lontong ato ketupat sebagai pelengkap lontong cap go meh bersama opor ayam, telur petis, sambal kelapa dan bubuk kedelai. Hmmm… jadi inget lebaran 😀
Bahan:
3 buah labu siam, iris korek api memanjang
500 ml santan dari 1/4 butir kelapa
5 butir telur rebus, kupas (bisa pake telur puyuh rebus kupas 300 gram)
2 papan pete, kupas & belah2 >> kalo suka bisa ditambah
2 buah tahu putih, kukus & potong dadu
6 butir bawang merah, iris kasar
2 sdt kaldu bubuk
Garam & gula merah secukupnya
Cabe rawit sesuai selera
3 sdm minyak sayur untuk menumis
Rempah:
2 cm lengkuas, memarkan
3 lbr daun salam
Bumbu halus:
4 buah cabe merah >> kalo pengen warna putih pake sebiji ajah
4 siung bawang putih
½ sdt terasi goreng
1 sdm lengkuas cincang
3 butir kemiri
Pelengkap:
Lontong, bawang goreng, bubuk kedelai, sambal terasi
Cara:
Aduk irisan labu dengan garam secukupnya hingga layu, cuci bersih beberapa kali & tiriskan.
Tumis bumbu halus, bawang merah dan rempah sampe wangiii… dan matang, tuangi santan.
Tambahkan telur, tahu & pete, bumbui garam, gula & kaldu bubuk. Didihkan dengan api kecil sambil diaduk.
Masukkan labu siam & cabe rawit, didihkan kembali dan masak sampai semuanya matang.
Angkat, sajikan dengan lontong, taburan bawang goreng dan bubuk kedelai serta sambal terasi.

posted by Lia

Sambal goreng tempe

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Ani

Bahan :
Tempe, dipotong kubus kecil (1,5 cm x 1,5 cm), goreng sampai agak kering, angkat.
Kapri, di bersihkan, cuci.
Daun salam
Lengkuas dimemarkan
santan kental sedikit

Bumbu dihaluskan:
Cabai merah
Bawang merah
Bawang putih
Sedikit terasi
garam secukupnya
gula merah/ gula pasir secukupnya

Cara memasak:
Tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam sampai harum baunya.
masukkan tempe yg sudah di goreng, tuangi santan, biarkan sampai bumbu dan santan mersep, setalah mau matang, kapri dimasukkan, terus di bolak-balik sampai kapri layu. Angkat.

Sambal Goreng Tempe

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

diposting oleh Ellyza

Bahan:
350 gr tempe, potong 1/ x 2 x 1 cm goreng matang, tiriskan
3 bh cabai merah, iris serong
5 bh cabai hijau, iris serong
7 bh bawang merah, iris tipis
3 bh bawang putih, iris tipis
1/2 sdt terasi
1 cm lengkuas
2 lbr daun salam
3 sdm kecap manis
2 sdm bawang goreng
garam dan gula pasir sesuai selera

Cara:
1. Tumis cabai merah dan hijau dengan 6 sdm minyak goreng sampai agak layu,
angkat, sisihkan
2. Dengan sisa minyak, tumis bawang merah dan putih hingga kuning. Masukkan
tumisa cabai, lengkuas, daun salam, terasi, garam, dan gula.
3. Masukkan gorengan tempe dan kecap, aduk rata. Hidangkan dengan taburan
bawang goreng

untuk: 4 orang