Serundeng

sumber : file milis dapurbunda

BAHAN:
kelapa parut kering kira-kira 250 gr/ kalau basah 500 gram an, tapi berarti nggak perlu santan lagi
santan encer dua gelas (kalau pake santan bubuk 2 sdm kali)
BUMBU:
garam
gula jawa
asam jawa sedikit
lengkuas parut
salam
serai
ketumbar 1/2 sdm
bawang merah putih
cabe bubuk (kalau mau agak pedas)

CARA MEMBUAT:
bawang merah putih dihaluskan bersama ketumbar, tumis sampai harum
masukkan santan, garam, gula, asem, salam,serai, lengkuas, tunggu sampai mendidih
masukkan kelapa parut
aduk terus sampai kering

tips: aduk pas hampir kering aja, biar nggak pegel, tapi pas mendekati kering harus bener-bener ngaduknya biar nggak gosong, kalau cape mending matiin aja dulu apinya.pilih kelapa parutnya yang kecil-kecil, disana adanya kelapa parut yang gimana?.
variasi: tuh dendeng bisa ditemenin ama kerang, enak lho, sebelum masukin kelapanya masukin dulu kerang, setelah matang baru kelapanya.bisa juga ditambah daging sapi, jadi dendeng ragi deh. kalau aku sih bikin biasanya misah dendeng duluan, jika masih bertenaga baru bikin serundengnya

resep by Tethy