Cumi Goreng Mentega

Tinggalkan komentar

Cumi Goreng Mentega
 
sumber : file milis dapurbunda
1 kg cumi-cumi, bersihkan dan buang tulang tengahnya.
2 siung bawang putih, iris tipis
1 sdt kecap inggris
1 sdm kecap ikan
1 sdt saus tiram
25 gr mentega
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
merica dan garam secukupnya

Cara membuatnya:
Goreng cumi-cumi hingga matang, angkat dan sisihkan.
Panaskan mentega dan tumis bawang putih hingga harum, masukkan cumi-cumi,  kecap inggris, kecap ikan, saus tiram, dan merica. Aduk rata
Icipi rasanya bila kurang asin tambahkan sedikit garam.

Angkat dan hidangkan

posted by Ani Eka D

Cumi Singga

Tinggalkan komentar

Cumi Singga

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
1/2 kg cumi ukuran kecil (+/- 5 cm), cumi ukuran besar juga bisa (potong +/- 3cm)
6 buah belimbing wuluh belah bagi 2 memanjang atau 1/2 gelas air asam yg dibuat dari 1 s/d 2 sdm asam jawa (sesuai selera/bahan yg ada)
1 batang serei di geprek
3 sdm minyak goreng
1/2 gelas air (optional, lebih kental lebih sedap)
sedikit gula pasir untuk penyedap

Bumbu yang dihaluskan:
2 ruas jari kunyit
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 cabe rawit merah ( jumlahnya disesuaikan dengan selera, lebih sedap kalau terasa pedesnya)
garam secukupnya

Cara membuat :
* Bersihkan cumi dengan membuang tulang dan kotorannya tanpa membuang tintanya
* Tumis sampai harum bumbu yang dihaluskan dan serei
* Masukan cumi dan belimbing/air asam
* Tambahkan sedikit air (karena cumi akan mengeluarkan air ketika dimasak ditambah air dari asam/belimbing)
* Masak sampai mendidih dan matang, jangan dimasak terlalu lama karena cumi akan alot kalau dimasak terlalu lama

CUMI SINGGA KELAPA (WENNU RO’BO)
Bumbunya sama seperti di atas cuma bahannya ditambah dengan kelapa parut dan tidak memakai minyak goreng, untuk cumi 1/2 kg kelapanya kira-kira 1/4 butir kelapa yg tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.
Cara memasaknya: semua bahan dan bumbu dicampur jadi satu dan di masak (seperti kalau kita memasak masakan yg diungkep tapi tidak sampai kering, kalau kurang air tambahkan sedikit saja air karena masakan ini bukan jenis yg berkuah encer)

posted by Aida Mandaka

Cumi Kuah Hitam

1 Komentar

Cumi Kuah Hitam

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:

1 kg cumi, cuci buang tulang, tinta hitam jangan kebuang ya, potong sesuai selera.
1 buah jeruk nipis
2 sdt garam
500 ml air

3 bawang putih, iris halus
5 bawang merah, iris halus
2 tomat hijau, iris2
3 cabe hijau, iris2
5 cabe rawit utuh (kalau suka pedas, kalau gak, jangan dipakai)
2 sdt garam
1/2 sdt merica
1 sdt gula pasir

cara membuat:

kucuri cumi2 dengan air jeruk nipis dan garam, remas2 sisihkan 30 menit.

tumis bawang putih dan bawang merah sampai wangi, masukkan
tomat dan cabe hijau, cabe rawit, aduk sampai layu, masukkan cumi, beri garam, merica dan gula pasir, aduk rata, tutup sebentar (7-8 menit)
kalau cumi sudah terlihat matang, masukkan air, aduk lalu tunggu sampai mendidih.cicipi dulu garam-gulanya. sajikan dengan nasi hangat.

posted by alm bunda Inong

Cumi Asin Cabe Ijo

Tinggalkan komentar

Cumi Asin Cabe Ijo

sumber : File milis dapurbunda

Bahan-Bahan : 3 sendok makan minyak
200 gram cumi asin, seduh dengan air panas, tiriskan
4 siung bawang putih, iris tipis
8 siung bawang merah, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
10 buah cabai hijau, iris serong
3 buah tomat hijau kecil, belah-belah
2 batang daun bawang, ambil bagian putihnya, iris serong
4 buah belimbing wuluh, iris ukuran 1/2 cm
10 butir petai, belah jadi 2, iris tipis
1 sendok makan gula pasir
100 cc air
1/2 sendok teh garam

Cara Mengolah : 1. Panaskan minyak yang cukup banyak, lalu masukkan cumi,
goreng hingga setengah matang, angkat, sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, lalu
masukkan daun salam, lengkuas, cabai hijau, tomat hijau, daun bawang,
belimbing wuluh, petai, dan gula, aduk rata, masak hingga layu.

3. Masukkan cumi tadi, aduk rata, lalu tambahkan air dan garam, aduk rata,
masak hingga matang dan kental, angkat.

4. Sajikan Hangat

Yakiniku

Tinggalkan komentar

Yakiniku

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
500 gr daging sirloin (has luar) iris tipis
150 gr bawang bombay iris
100 cc air kaldu ayam
1 bh parprika iris
3 bh bw putih
2 sm minyak
1 sm minyak wijen

Bahan sauce
100 cc kikoman
100 cc sake
50 cc white/red wine (optional)
50 gr gula pasir
1 bt bawang daun dipotong panjang
2 1/2 sm kecap manis
2 bh bawang putih
1 sm wijen yang telah di panggang (optional)
1 pt bundar nanas (optional)

Cara membuat
a.satukan semua bahan sauce dan masak sd mendidih selama kira2 15 menit
b.panaskan 2 sm minyak laku goreng bw putih & bw bombay sampai layu,
masukan paprika sambil diaduk2 sebentae dan diangkat
c.panaskan 2 sm minyak dan 1 sm minyak wijen, lalu masukan daging dan sauce
& air kaldu aduk rata, masak sampai matang dan air tinggal sendikit. lalu
masukan kembali bw bombay & parika.
d.jika suka taburi dg wijen dan diberi nanas potong
e.sajikan dengan salad wortel & lobak

by Molly

Yakiniku

Tinggalkan komentar

 Yakiniku

sumber : file milis dapurbunda

~Bahan:
– Good quality BEEF tanpa lemak (lebih enak pake VEAL)

***Sayuran:
– Bell-peppers, potong-potong kasar
– Jamur, dibelah-belah
– Daun Bawang, rajang seukuran 2cm
– Asian eggplant (Terung Muda), iris kasar-kasar
– Sweet Potato (Ubi merah), potong-potong sesuai selera
– Daun kol, rajang kasar

~Dipping Sauce:
3 sdm lobak putih diparut halus(kalo ngga ada bisa pake APEL parut)
5 sdm gula pasir
2 sdt Sake (atau kalo ngga ada…bisa diganti ama rice wine vinegar)
1 cup soy sauce (merk Kikkoman..bolehlaaah)
4 siung bawang putih diparut (kalo males bisa diulek halus)
1 sdt jahe parut
1 sdm minyak wijen (sesame oil)
3 sdm biji wijen, disangrai tanpa minyak

~CARA:
Campur semua bahan “Dipping Sauce” sampe rata didalam mangkuk kaca, rendam irisan daging sapi, masukin di kulkas sekitar 2 jam-an. Angkat potongan daging sapi, kembali celupin kedalam “Dipping Sauce” tadi kalo udah siap memasak…jangan kelamaan nge-grill-nya..entar ngga juicy lagi dagingnya. O yah.. jangan lupa sayurannya dicelupin juga sebelum dimasak.

by :Y V O N N E

Yakiniku Daging Sapi

Tinggalkan komentar

Yakiniku Daging Sapi

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
500 gr daging has dalam, iris tipis
2sdt bawang putih, cincang
1bh bawang bombay, diiris tipis
1/2 sdt merica halus
1 sdm jahe parut, ambil airnya
1-2sdm sake ( aku skip utk bhn yg ini)
1 sdm kecap asin
1 bh paprika, iris kasar
2 sdt maizena, cairkan dengan sedikit air
garam dan gula secukupnya

Cara membuat :
Lumuri daging dengan semua bahan kecuali paprika dan maizena, diamkan
selama kurang lebih 15 menit
Panaskan +/- 3 sdm minyak goreng, tumis daging (bawang bombaynya ikut
ditumis ya) hingga kaku, beri +/- 200 cc air, masak dengan api kecil
sampai daging matang dan lunak. Beri garam dan gula seperlunya,
masukkan paprika. Setelah layu kentalkan dengan cairan maizena.

Bahan acar wortel & lobak:
2 bh wortel, potong bentuk korek api
1bh lobak, potong bentuk korek api
5 lbr daun kol, buang tulang daun, belah, iris spt wortel & lobak
2sdm garam
1sdm cuka
1-2 sdm gula menurut selera
saus mayonaise menurut selera

cara buat :
bagi garam menjadi 3 bagian. Setiap bagian ditaburkan pada satu macam
bhn sayuran, remas2, biarkan +/- 30 menit cuci, tiriskan
kalo sudah, campurkan wortel, lobak, dan kol dlm mangkuk, beri gula
dan cuka, aduk rata, Beri saus mayonaise sesaat sebelum dihidangkan.

Older Entries