sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera
2 sdm cuka
400 ml air matang
2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak
3 cm lengkuas, iris jadi dua, geprak
6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
8 butir bawang merah
1 sdm ketumbar sangrai
½ sdt merica butiran sangrai
4 cm jahe (diameter skitar 2 cm)
3 cm kunyit (diameter 1.5 cm)
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 cm lengkuas (diameter sekitar 3cm)
1 tangkai sereh, iris2 (bagian putihnya 6 cm diukur dari pangkal)
5 butir kemiri
2 sdt garam
 
Cara:
Lumuri potongan bebek dengan cuka, diamkan 20-30 menit di kulkas. Cuci sampe benar2 bersih.
Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya, diamkan di kulkas 30 menit.
Masukin panci presto, tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis.
Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis, buka dan tiriskan bebek dari bumbunya.
Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka.

Tips :
Kalo ngga ada panci presto, diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk).

Saus Kuning
300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental, buang ampas rempah2nya. Sisihkan.
Sambal

Bahan:
7 butir bawang merah, iris kasar
3 buah cabe merah, iris halus
Cabe rawit secukupnya
1 buah tomat matang ukuran sedang, cincang kasar
½ sdt terasi goreng
½ sdt garam /secukupnya
1 sdt gula /secukupnya
4 sdm minyak
100 ml air matang
 
Cara:
Panasin minyak, tumis bawang merah, cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar.
Masukin tomat, tuangin air. Masak sampe air menyusut.
Pindahkan semua ke cobek, ulek bersama terasi, garam & gula.

Tips:
Terus terang, dibandingin ibuku aku lom jagoan bikin sambel. Selain sambel bawang diatas, silakan pake sambel andalan masing2 :D
Poyah Kelapa Kuning

Bahan:
200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang

Bumbu halus:
1 siung bawang putih
½ sdt garam
1 cm kunyit
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Cara:
Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata, tebarkan di loyang lalu jemur sampe setengah kering.
Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples.

Pelengkap lain:
Nasi hangat
Irisan tomat & mentimun
Petikan daun kemangi
Irisan jeruk nipis
Lalapan lain sesue slera

Penyelesaian :
Taruh nasi anget di piring, tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya, taburi poyah kelapa.
Sajikan bebek goreng, sambel & lalapan di tempat terpisah.

posted by Lia

About these ads