Sate Padang

Tinggalkan komentar

Sate Padang

500 gr campuran lidah, paru & limpa sapi >>> karena pengen idup sehat, gue cuma pake daging sapi ajah
2 liter air

750 ml extra air
Rempah daun:

2 batang serai, geprak
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit, sobek2 & simpulkan (kalo gaada juga gak maksa kok :D)

50 gram tepung beras, cairkan dengan air secukupnya
Pelengkap:

Ketupat

Bawang goreng

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah cabe merah (enaknya cabe keriting, kalo pake jenis keriting perlu 5-6 biji lah )
Cabe rawit secukupnya (optional, kalo dah pake cabe keriting gak usah rawit lagi)
3 cm lengkuas muda
3 cm kunyit
3 cm jahe
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt merica butiran sangrai (kalo gak doyan pedes yang nyengat bisa dikurangi)

½ sdt jintan sangrai
2 sdt garam /secuukpnya

Cara membuat:
- Didihkan 1 liter air, masukin jerohan (lidah, paru & limpa sapi). Biarkan mendidih kembali selama 15 menit, tiriskan dan buang airnya.
- Ulangi cara diatas sekali lagi. Sisihkan jerohan, jangan lupa kerok kulit lidah.
- Didihkan extra air, masukin jerohan bersama bumbu halus dan rempah daun. Masak dengan api kecil dan tutup panci dibuka dikit.
- Masak sampe bumbu meresap dan jerohan menjadi empuk (kalo belum empuk tapi airnya udah menyusut tambahkan air panas secukupnya, lanjutkan merebus).
- Tiriskan jerohan dan keluarkan semua rempah daun. Potong jerohan kotak2 kecil, susun di tusuk sate, bakar diatas arang (gak perlu lama2 soale udah mateng, cukup sampe aroma satenya muncul).

Saus:
Sisakan kuah perebus sekitar 450 ml ato secukupnya, rebus kembali sambil dikentalkan dengan larutan tepung beras. Masak sampe kental meletup2, angkat.

Penyajian:
Siapin piring, alasi dengan daun pisang (lebih enak lagi kalo pake pincuk daun pisang). Letakkan bebrapa tusuk sate yang baru dipanggang, siram dengan saus panas & taburi bawang goreng.
Sajikan dengan potongan ketupat di piring terpisah.

posted by Lia

Sate padang (1)

Tinggalkan komentar

Sate padang (1)

sumber : file milis dapurbunda

Alternatif bahan dasar:
1/2 kg daging sapi
1 lidah sapi rebus hingga agak lunak
1/2 kg campuran jeroan sapi

Bumbu-bumbu:
4 bawang putih giling
5 buah bawang merah giling
2 cm jahe digeprek
3 lembar daun kunyit
10 biji cabe merah digiling halus
3 makan bumbu kari klu di indo pakai aja bumbu fresh yaitu; jinten
dikit,asam kadas dikit ,kunyit 1 ruas digeprek,serai batang /bubuk.
Garam secukupnya
Tepung beras secukupnya dengan perbandingan 2:1 buat mengentalkan sausnya.

Cara membuatnya:
a.. Rebus bahan dasar hingga matang, lalu potong-potong sebesar dadu.
b.. Semua bumbu yg digiling halus, dan teman2nya di tumis dengan sedikit
minyak goreng hingga harum.
c.. Bagi bumbu jadi dua satu untuk saus satu untuk dicampur dgn lidah.
d.. Masukan daging / lidah yg sudah di potong-potong, aduk rata dan
biarkan matang dan meresap, tusuk dengan tusuk sate klu memang punya tenaga
klu tidak ya biarin aja di wadah yg bisa dipanggang kemudian masukkan ke
panggangan. Klu mau dibakar juga bisa.
Sausnya:
Bumbu yg sebagian disisakan itu dicampurkan dengan kaldu merebus
lidah/daging, masak sampai mendidih, kentalkan dengan campuran tepung beras
.

NB:Dihidangkkannya bisa ditusuk dgn tusukan sate atau klu nga ditusuk yg di
wadah itu begitu keluar oven/bara api langsung disiramin bumbunya keatas
daging/bisa dicocol juga.Atasnya ditaburin bawang goreng sama ketupat.

posted by DHyani

Sate Padang

Tinggalkan komentar

Sate Padang

sumber : file milis dapurbunda

BAHAN :
300 gram limpa dan paru sapi
200 gram lidah sapi
1 liter air
2 batang serai, dimemarkan
2 lembar daun kunyit
50 gram tepung beras
bawang goreng untuk menyajikan

BUMBU HALUS I:
2 sendok makan ketumbar
1/2 sendok makan merica
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok teh jinten
1/2 sendok teh adas

BUMBU HALUS II:
3 cm lengkuas
3 cm kunyit
2 cm jahe
1 sendok teh garam 

CARA MEMBUAT:
Rebus paru, limpa, lidah bersama daun kunyit, serai, dan bumbu I sampai empuk. Tambahkan air jika perlu.
Angkat dagingnya lalu potong kotak kecil. Rebus lagi hingga daging berwarna kuning. Tusukkan di lidi atau tusuk sate. Bakar sampai harum. 
Masak kembali kaldu sambil menambahkan bumbu halus II dan tepung beras. Masak sampai mengental. Sajikan sate dengan kuah dan bawang goreng. 

untuk 6 porsi

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.