sumber : file milis dapurbunda

PASTEL BASAH ala Ummi-nya Lia
Keistimewaannya pada kulit pastelnya. Lembut dan tetap empuk walo dicuekin terbuka seharian. Isinya bisa apa aja sesue slera, tapi isi versi Ibu ini juga lembut & enakkk bangeeett…

Bahan Kulit:
500 gr terigu protein sedang (segitiga biru ato gunung bromo)
100 gr margarin, lelehkan
1 butir telur
250 ml santan dari ¼ butir kelapa
Garam secukupnya

Cara:
Sangrai tepung sampai cukup panas dan kering, pindahkan ke baskom & buat lubang ditengahnya, diamkan sampe hangat.
Rebus santan sambil diaduk2 biar ngga pecah, angkat & diamkan sampe hangat.
Kocok margarin leleh dan telur sampe rata. Tuang ke lubang ditengah tepung hangat, uleni sambil dituangi santan hangat dikit2 sampe menyatu dan kalis. Diamkan 15 menit.
Adonan kulit siap dibentuk dan diisi.

Bahan Isi:
250 gr wortel, bersihkan & iris dadu kecil2
250 gr kentang, bersihkan & iris dadu kecil2
150 gr daging sapi, rebus sampe empuk, iris dadu kecil2
250 ml kaldu daging
2 sdt irisan seledri (boleh lebih kalo suka)
7 butir bawang merah, iris halus
5 siung bawang putih, geprak & cincang
3 sdm minyak untuk menumis /secukupnya
2 sdm terigu + 1 sdt maizena, larutkan dengan air dikit
Irisan telur rebus secukupnya (tebel tipis sesue slera ajah)

Bumbu:
¼ sdt merica bubuk /secukupnya
¼ sdt pala bubuk /secukupnya
Garam & gula pasir secukupnya

Cara:
Goreng kentang sampe rada kering, tiriskan (ingat, jangan terlalu kering ya!).
Panasin minyak, tumis bawang merah+putih sampe wangi kekuningan, masukin wortel. Aduk rata, tuangi air kaldu.
Masak dengan api kecil sampe wortel setengah matang, masukin kentang, daging dan bumbu2. Masak sampe semua bahan matang dan airnya tinggal dikit, tambahkan seledri, aduk2 bentar.
Masukin larutan tepung, aduk cepat & rata sampe adonan isi menjadi pekat dan matang (ngga brasa tepung lah), angkat.
Diamkan sampe bener2 dingin, siap diisikan ke kulit.

Note:
Di rumah kami biasa pake pala bubuk & mrica bubuk buatan sendiri, selain lebih fresh rasanya juga lebih nendang. Kalo pake mrica/pala bubuk beli jadi silakan diatur sendiri takarannya karena beda merk beda kualitas.

Penyelesaian:
Bagi adonan kulit dan isi masing2 menjadi 20 bagian ato sesue slera.
Tipiskan satu bagian adonan kulit membentuk lingkaran (tipisinnya diantara dua lembar plastik yang dialasi bagian blakang loyang ato talenan).
Beri satu bagian isi, atur posisinya rada minggir membentuk setengah lingkaran didalam kulit, susun 1-2 iris telur rebus diatasnya.
Lipat setengah bagian kulit sehingga membentuk setengah lingkaran, rapikan & pilin pinggirnya berbentuk pastel.
Kerjakan terus sampe semuanya abis.
Deep fry sampe keemasan (jangan sampe nyoklat), tiriskan.
Sajikan dengan cabe rawit, glekk… nyuaaaammm…

Note:
Kalo ibu lebih suka membentuk kulitnya oval, jadi setelah dilipat bentuknya setengah oval, cantik deh kayak ibuku :”>
Dengan resep kulit yang sama, bisa divariasikan dengan isi apa aja sesue slera. Variasi yang paling sering aku bikin adalah isian samosa dengan rempah yang nyengittt

posted by Lia