Baso

Tinggalkan komentar

Resep Bakso

sumber : file milis dapurbunda

Shinta Kania

1 kg daging sapi cincang
10 butir putih telur
500 gr tepung tapioka
2-3 sdm tepung terigu
Bawang putih
garam
merica
sedikit minyak wijen

Caranya giling bawang putih pake food processor… trus masukin daging cincang kasih garam dan merica dan minyak wijen trus giling lagi..
Udah menuju halus, masukin tepung kanji dan tepung terigunya, terus giling sampe adonan nyampur semua,..
Sembari itu didihkan air panas, trus ambil secubit adonan trus cemplungin…. klu udah mengambang tandanya udah mateng, trus cicipin dulu udah pas belum rasanya dilidah..apa kurang asin apa kurang merica…. trus tambahin lg yang kurang2nya… abis itu klo udah dicoba udah pas… trus bikinnya baksonya bulet2 pake tangan.
Wah cara bikin bakso bolet2nya aku gak bisa nĂ©rangin nih…gimana ya cara ngomongnya…. adonannya diambil pake tangan kiri (klu kamu pake tangan kanan ya yan ..kamu masih kidal kan?? hehe) trus diunyek2 sedemikian rupa  trus tangannya dikepalkan sampe sehingga adonanya bisa muncul dari antara ibu jari dan telunjuk… trus disendokin trus dicemplungin…. gitu deh… kebayang gak? :-)

Bakso

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Ani

Bahan-bahan :
1 Kg daging sapi
1/4 kg tepung sagu
1 sdt baking soda
3 butir telur
Es batu

Bahan yang dihaluskan:
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
garam secukupnya
Bumbu penyedap secukupnya
Lada secukupnya

Cara Membuat:
Campur daging sapi,sagu dan baking soda, telur serta bumbu yang sudah dihaluskan,kemudian giling hingga halus sambil menggiling masukkan es batu sedikit demi sedikit setelah halus lalu angkat.
Masak air didalam panci lalu masak hingga mendidih, kemudian adonan bakso tadi dilinting bulat (dibuat bulatan besarnya sesuai selera) lalu masukkan kedalam air yang mendidih tadi,tunggu hingga mengapung dan angkat kemudian didinginkan.

Bahan-bahan untuk kuah bakso:
Air secukupnya (Air kaldu dari rebusan tulang sapi)
1 sdm ebi (udang kering)
1 sdt lada
2 siung bawang putih
bumbu penyedap secukupnya
garam secukupnya.

Cara membuat kuah bakso :
Semua bahan dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit minyak hingga harum lalu masukkan kedalam air atau kaldu sapi yang sudah mendidih tadi dan masukkan bakso.
Setelah itu siapkan mangkuk serta mie kuning,soun atau bihun, sawi hijau dan masukkan kuah beserta baksonya, jangan lupa tambahkan saos,kecap dan sambal.

Cara membuat sambal bakso:
cabai merah giling
minyak goreng (minyak kelapa)
garam secukupnya
bumbu penyedap

** Semua bumbu dihaluskan dan ditumis hingga harum.

Bakso Daging

Tinggalkan komentar

sumber : file milis dapurbunda

Bahan :
1 kg daging sapi (bagian paha belakang)
1 butir putih telur
1 ons es serut
100 gr tepung sagu
1 1/2 sdt garam
1 sdt lada bubuk
8 buah bawang putih dihaluskan
1/2 sdt Penza (membuat kenyal)

Cara Membuat:

Campur jadi satu es dengan putih telur, garam,lada, bawang putih halus dan
penza, campur rata.
Campur kedalam daging aduk-aduk sambil ditambahkan tepung sagu, lakukan
hingga daging benar-benar kalis.
Bulatkan daging dengan cara : ambil daging dan letakkan dalam genggaman tangan
kemudian tekan genggaman tangan hingga keluar daging dari sela ibu jari, ambil
dengan sendok, masukkan ke dalam rebusan air , masak hingga bakso matang,
lakukan hingga selesai.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.